Jelajah Dua Pulau nan Eksotis, Mursala dan Nias (Episode I) "Pulau Mursala"

Sebenarnya ini termasuk trip dadakan, karena sminggu seblumnya aku baru menghabiskan liburan di Bali. Jeda satu minggu balik ngantor, tetep beras liburan juga sih, :), finallly disuguhi lagi libur lebaran selama seminggu. Berhubung aku belum, eh tidak merayakannya, jadilah pergunjingan berat di hati ini bakal membusuk seminggu aku di kampung tercinta? Nightmare..Dan akhirnya nekatlah aku bersama Hendy merencanakan trip ini. Awalnya sih dia mau nekat sendiri jalan. Kemudian aku ajak Roby, berharap sih lebih rame maksimal 6 orang aja biar bisa share cost, karena aku udah envy to the max ama yang namanya Pulau Mursala. Yang katanya dulu tempat syuting Kingkong ama film bioskop "Mursala" yang dibintangi si Rio Dewanto sama si Titi Rajo Bintang. Dah nonton filmya juga kemarin, walau streaming di youtube daon tapi :p. Kesana wajib hukumnya charter Kapal, bisa jatuh miskin dong ya klo berdua kesana dan ala ala honeymoon gtu, jatuhnya sih failed. haha Singkat cerita kami terkumpullah 6 personil walau pas mau hari H satu nya murtad entah kemana, jadi deh 5 manis manja gahar. :)

Pantai Batu Panjang,Mursala
Berhubung libur lebaran, otomatis angkutan paling hits se-Tapanuli yakni L-300 "Simpati" udah penuh aja dan ga bisa dibooking lagi. Alhasil kita booking travel biasa, ntah itu dadakan pas lebaran aja, lepas Rp. 150rb pertama saudara! Kita sih udah nyampe di loket jam 8pm, 26 Juli 2014, tepat 8 hari setelah ulang tahun aku. Ga penting sih. Yasallam. dan ternyata jam 11 baru kita berangkat, trus di Pakam tuh supir entah ngapain ngetem lama nunggu siapa ga jelas, jam 12an baru gerak yaollo. Entah sampai tahun berapa lagi kami nanti di Sibolga. Capek merepet dalam relung hati, kemudian tertidur, makin dalam dan lebi dalam seiring dengan kecpatan mobil yang makin tinggi..
 Dan saat membuka mata udah sampai di Sidimpuan lah, janin cerita yang menjadi awal kesialan hari itu. Dan beliau tidak tau jalan menuju Sibolga, mati aja kali ya. Harusnya kan dari Tarutung donk ambil jalur nya. Udah gtu jalannya lambat lagi, lebih cepetan lari deh aku. Arghh, akhirnya nanya ke sana-sini kite muter arah lagi dan jadinya lewat Sipirok, Pinang sori dan sampailah jam 2 siang di Sibolga. Kacau sudah rencana awal mau ke silahturahmi ke Barus dulu.
Kami minta diturunkan di KPP Pratama Sibolga aja, karena udah pesen tiket ama teman yg kerja disana, dia titipkan ama Satpam, pengen sih sekalian nginap disana biar hemat sekalian. Tapi mencoreng muka teman aja, percuma anak Pajak, malah songong jadinya. ahahhaa. Akhirnya kita nyetop angkot menuju daerah Pandan, cari makanan dulu karena blum makan pagi plus siang, habis tuh kpleset ke Pantai Pandan belakang Pia Hotel, dulu sih Hotel Wisata Indah namanya. Secara aku anak Pantai Tapaktuan, jadi pantai standar sperti itu gak bikin aku Wow. Kmudian kita ditawarin boat yang lewat buat nyebrang ke Batu Gajah yang katanya ada batu mirip gajah trus bisa berenang disana. Another failed kedua terjadi lagi, sampai udah berimajinasi liar tetep aja tuh batu bolong ga punya kmiripan dengan gajah. Huftt. Lepas lagi donk uang kas kita 200rb buat lihat keanehan batu ini. Malas ah pasang poto batu itu dimari.. hahaha
Pulau Putri

Oh iya, kami bertemu dua cewek yang ikut kejebak ke Batu gajah. dan kami merasuki mereka biar ikut ke Mursala, biar bisa menekan biaya juga sih. Kami gerak ke Air Tejun Sibuni-buni yang sekarang namanya Air Terjun Sihobuk, kata si Roby sih kemarin bagus. Kami charter angkot 60rb, ntr dia nungguin trus anter balik ke pantai Bosur liat sunset gtu. Ga ada lima menit tuh supir angkot nungguin, karena kami baru mnemukan another failed yang ke 3. itu air terjun udah dibenteng, trus biasa aja, rame orang dan sudahlah, motoin aja gak nafsu. Kami balik ke pantai Bosur, dari namanya sih singkatan Bupati dan Wabupnya Tapanuli Tengah ini. Dan lagi, standar pantai buatku udah tinggi, jadi aq cuma memandang dengan muka datar aja tuh sunset apalagi pantai nya, temenku sih ya lumayan menikmati. Cuma bisa berdoa, smoga Mursala besok memuaskan kehausanku akan sesuatu ciptaan Tuhan yang lebih Wow. Jadi dari semua tempat wisata yang kami temui tadi, aku bilang semuanya masih totally No, gak tau deh Mas Anang dan ke4 temanku yang lain. :)

Batu Panjang Beach
Kemudian menjelang malam kami ngangkot ke arah jalan Horas mau cari pnginapan murah, bertemulah dengan penginapan Sambas dekat Pelabuhan, dan harganya yaollo 30rebu doank sekamar udah dua bed. kami ber5, jadi yg sekamr ber3, cuma 10rb aja donk. gak tega ya bayar nya. hihi. Habis berkemas dan mandi kami ke Sibolga Square, mau makan dan meet up ama abang-abang yang mau bawain Kapal ke Mursala nanti. Pas naik becak ditawarin abang2 becaknya donk, cewek bispak khas Sibolga ama kami dua, yaollo apa tampang kami segitu bejatnya ya. *langsung pake cadar. :) Akhirnya deal 1,2juta ama Kapal nelayan nya, dan kami ada 8 personil nanti. Siplah, gak begitu mencekik leher harganya.

27 Agustus 2014
Me w/ Mursala Waterfall
Bangun pagi, carik sarapan, kita langsung dijemput pick up, bak belakang itu loh. yg pnting gratis,. oh iy, td malam jg kami dah minjem alat snorklingnya kak Dona Simanungkalit kenalan dari grup Backpacker Medan. Syukur banget karena gak ada nemu tempat nyewa alat snorkling disini, tau gtu bawa alat sendiri awak. Makasih banyak ya sis. :) Kami jam 9an berangkat mengarungi lautan, dan sekitar satu setengah jam lebih kita singgah di Pulau Putri. Itu pasirnya putih halus, bagus banget. Paduan warna airnya juga bgtu memukai dan lanjut snorkling sampai lupa diri udah jam 12. Terumbu karang banyak tapi warna kurang beragam, ikannya juga banyak. Cukup puas lah.
Kita lanjut lagi, sebelum ke titik poin terakhir kita dikasih pemanasan lagi dengan pantai batu Panjang yang udah termasuk bagian Pulau Mursala juga. Gilakk, ini baru aku exited kedua setelah pulau Putri tadi. Ini pantainya bagus bingits, dengan suguhan pohon kelapa dan tebing diujung semakin mengeksotiskannya. ditambah lagi gak ada orang selain kami, berasa our private beach donk.. Gak seperti di Pulau putri tadi beberapa boat lain mulai berdatangan, jadi rame dan kita sedikit terusik. (berasa pulau sendiri aja :)
Kami makan nasi bungkus yang dah di beli sebelum berangkat tadi. setelah itu lanjut poto2, lari2 di pantai, teriak2, untung gelasnya gak pecah. lanjut lagi snorkling dan lupa diri lagi udah mau jam 4 aja. yaollo!!
Air Terjun Mursala
dan titik poin terakhir adalah Air Terjun Mursala.. Tarraaa.. Sekitar 20 menit apa setengah jam ya, kami sampai dan lagi lagi yaollo subhanollo terucap lagi saking amazingnya.. Soalnya lebih keren dibanding yang difoto foto biasa dilihat, sayangnya lagi musim kemarau jadi debit air terjunnya kurng deras. biasanya kalo lagi deras, penuh tuh tebing dialiri air nya yang segar dan lanssung terjun ke laut. Momen itu kita abadikan, pengen banget sih mau pake gaya andalan. Loncat dari kapal, kedua tangan dihentakkan berasa terbang dan kaki satu kelipat, satu lagi lurus mengejan, halah, trus terjun ke Laut dengan latar belakang deburan air terjun Mursala. Tapi itu berubah jadi mimpi karena pak Nelayannya lupa bawa jangkar, takut nanti kita kapalnya jatuh pas naik ke Kapal dan waktu juga udah mngarah ke jam 5. jam 8 malam, ferry dari Sibolga udah mau berangkat ke Nias. Okesip, kita balik dan kepala masih aja menoleh ke Mursala serasa gak rela pisah cepat2. :( kalo ga mesan kapal ke Nias, rela deh tinggal semalam di homestay sekitar batu panjang tadi, bukan rela lagi namanya, ngarep. Prett

Jam 7 kita sampai di perkampungan nelayan yang membawa kita keliling seharian tadi. Bang sembiring yang baik hati dan tidak sombong udah menunggu langsung membawa kami ke Pelabuhan untuk ambil tiket karena sedikit banyak ada masalah karena beda nama yang pesan. Biar cepat dan taku telat, kami bagi dua formasi. 2/5 menuju Pelabuhan, 3/5 lagi menuju penginapan ambil barang , beres beres dan masuk kapal. Pas mau nunggu kapal brangkat, pengen cari makan diluar dulu, trus ada abang abang petugas nawarin sepeda motornya gratis sama kami, orang baik memang bakal dibantu ama orang baik yaa.. hihi.. makasih bang.. Betapa bersyukurnya kami dapat kamar, karena di luar semua mahluk bertaburan penuh sesak dan cobaan.. Kamar kita ada 4, karena aku dan roby badannya slimfit, kami dipadu menjadi satu dalam kasur. huft. Ini mah mewahnya kebangetan dibanding penginapan kami sebelumnya. hahahaa, bisa tidur nyenyak setelah makan dan mandi dulu satu persatu. Niassssssssss, we're cominggggg soon!!!!!!