Tempat yang wajib dikunjungi di Tapaktuan, Aceh Selatan

Tapaktuan. Mungkin nama kota itu masih terasa asing si sebagian besar telinga anda, paling tidak bagi aku sendiri. Jujur, aku baru tau dimana itu Tapaktuan saat pertama kali di tempatkan bekerja di kota eksotis ini, kirain daerah kalimantan sana. Ternyata masih tetangga dengan Sumatera Utara. Dengan perjalanan Mobil lewat jalan darat, sekitar 8-9 jam waktu tempuh Medan Tapaktuan jalur pantai barat. Bisa melalui mobil Travel atau Bus Simpati Star. Biasanya berangkat malam jam 8an sampai di Tapaktuan jam 6an. Nah, aku gak akan menceritakan soal kisah pekerjaanku disini, karena sudah hampir setahun mengabdi di Kota Naga ini, serasa masih liburan saja teruma di weekend nya. Kota ini begitu dan sungguh sangat layak buat dikunjungi kawan.
Oke, aku akan membuktikan banyolanku tadi. Disini aku bakal ngelist tempat-tempat eksotis yang wajib sungkem biar sah anda pernah menginjakkan kaki di kota penghasil buah Pala ini. Yang paling pertama di sungkem tentu si Tapak Naga, ya, Jejak kaki super besar di bebatuan karang lepas pantai begitu eksotis dan berasa magis. Legenda Tuan Tapa dan Naga menjadi icon kota ini. Dan inilah asal muasal nama kota ini. Bebatuan hitam begitu eksotis menyatu dengan laut yang sesekali memuntahkan ombaknya. Jangan lupa mengabadikan moment disini.
Tapak Tuan Tapa



Batuan Karang Eksotik
 Selesai dari Tapaktuan Tapa, lanjut ke atas melalui anak tangga yang menuntunmu ke Mercusuar di atasnya, kami menyebutnya Tapaktuan Rooftop, karena jika kamu berani menantang adrenalin menaikin ratusan anak tangga sampai ke puncak teratas, kamu akan disuguhkan pemandangan luar biasa dengan 4 View berbeda. Sisi pertama, Kota Kecil Tapaktuan, sisi kedua adalah bebukitan hijau menyegarkan, sisi ke tiga laut lepas begitu Indah dan sisi terakhir garis pantai bersama jalan raya disisinya. Terbayar rasa lelah itu.

Tapaktuan Rooftop

View Kota Tapaktuan

Kedua momen itu memang pas di pakai untuk pagi hari, ketika ombak tidak begitu agresif dan matahari belum menyengat. Jika sempat, ziarah ke makam tuan tapa, yang katanya itu hanya sebagian kecil badan nya saja, tetapi pusaranya begitu panjang sekitar 20 meter.Perjalanan dilanjutkan ke Air Terjun Tujuh Tingkat untuk mandi mandi dan berfoto ria. Air nya begitu jernih, dari permukaan dasarnya bahkan di tempat dalam juga masih tampak. Air nya begitu segar dan dari atas sana juga view laut dan jejeran tebing daratan begitu memukau indahnya.


Air terjun Tingkat Tujuh

bening segerrrr





Kemudian, lanjutkan perjalanan lagi ke Air Dingin, disini ada pantai dan air terjun. Pantainya indah dengan hamparan pasir putih yang menggoda. Sempatkan makan seafood disini, karena rumah makan disana menyajikan Lobster, ikan dan udang, ada telur penyu juga, huft.. Jika masih belum puas dan ingin berlama lama disni menanti Sunset boleh juga. Tapi kalau ingin melihat orang yang biasa selancar sorenya, balik lagi arah Tapaktuan dan singgah di daerah sama dua, disana ada cafe surfing tempat orang bersurfing ria. Disinilah kita menanti Sunset yang pasti paling juara lah. :)

sunset sunset dan sunset

bercumbu dengan sunset


Untuk malam ini perjalanan berakhir , mari kembali ke penginapan untuk beristirahat. Mengumpulkan tenaga baru buat melanjutkan perjalanan esok harinya. Esok hari kita bakal menyambangi indahnya bawah laut tapaktuan. doakan ombak tidak bandel. jadi  kita bebas ber snorkeling, karena karang ada di laut lepas dan tidak dalam, jadi lumayan bahaya takut tergores jika ombak kuat. Jika sempat, kita lanjutkan lagi ke Pasir Setumpuk dan Lhok Rhukam, disana juga kita bisa snorkeling dan mandi di pantai. Kekhasan pasir setumpuk itu yakni, kita serasa berada di pantai eksklusif sepanjang 200m, berada diantara tebing yang menjorok ke pantai. bersama pohon kelapa dan rindangnya pepohonan lain begitu pas buat bersantai.
Masih belum puas, masih belum capek. Kita singgahi pemandian alam Putri Naga Panjupian, kolam renang tanpa kaporit, airnya begitu segar dan brrrrrrr. Nyebur lagi.

pemandian alam Panjupian

Naga, icon tapaktuan

snorkeling, bawah laut Tapaktuan

Pasir Setumpuk

Saatnya mencari oleh-oleh khas Tapaktuan. Ada manisan buah Pala, Sirup buah Pala dan satu lagi paling oke. Batu alias Giok Khas Aceh, disini rata-rata lebih murah dari harga pasaran di luar jadi layak buat oleh oleh. Kembali ke penginapan dan siap dijemput Travel. Kalo masih lanjut, sebenarnya masih ada beberapa tempt lagi yang perlu dikunjungi. Tapi itulah yang paling Hits dan sangat sayang jika terlewatkan. Semoga bermamfaat. Please welcome to Tapaktuan. :)
@irman70

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Daftar Nama Bayi dari Bahasa Batak Tapi Tetep Modern dan Unyu. :)

Medan Undercover, Mengungkap Fakta Unik Sang Ibu Kota Sumatera Utara..

Aku Kristen, bukan Non Muslim..