Tapanuli, Si Cantik yang bercadar dan masih terpasung

Lupakan Parapat sejenak..
Mungkin anda sudah hafal dengan ulah ulah tempat eksotik tersebut. Kota kecil indah yang meringkuk manis di salah  satu sudut Danau Toba itu memang begitu menggoda..Samosir, tuktuk, tomok atau batu gantung, sudahlah, nelan ludah mengingatnya, sepotong surga yang tertinggal di bumi yang sudah tak asing lagi di telinga dan mata..

Aku akan menawarkan tempat yang tak kalah bagus, indah dan menarik yang masih terpasung dan masih malu-malu di balik cadarnya.
Tapanuli, tak habis memakan waktu sejam arah Balige, anda bakal dimanjakan Taman Eden ke-100 yang berdiri megah di kaki pegunungan Lumban Rang,  Lumban Julu. Ada beberapa Air Terjun indah dan eksotik bernaung disana, semakin dalam kamu menerobos, semakin tinggi tingkatan air terjun yang semakin menantang. Yang dekat anda akan di manjakan dengan air terjun dua tingkat atau mau lagi lebih menantang, telusuri lebih dalam lagi air terjun tingkat tujuh menantimu di sana. Juga tersemat gua kelelawar yang menantang jiwa petualang mu, rumah tarjan dan alam yang begitu ramah dan alami. Disana juga kamu serasa dibudayakan untuk mencintai alam dengan menanam pohon dan namamu juga terpampang megah di pohon tersebut.

Dari situ, jalan terus ke arah Porsea, tidak habis setengah jam bisa sebentar singgah di kota menikmati kuliner Porsea, tanah Batak ini. Ada hare soto, Mie gomak, lampet panas, Bagot ni horbo, tipa-tipa buat cemilan. semuanya Halal loh.. Buat kamu pecinta masakan batak semuanya terhidang di kota ini. Lihatlah bangunan megah unik yang berbaris rapih di sepanjang jalan besar, sejauh apapun gedung mencakar langit, ada ukiran rumah adat Batak hinggap megah di atapnya. unik kan..

Lanjut terus, anda masuk ke daerah Parparean, disana bersembunyi duet maut pantai yang indah. Pantai Pasir Putih bersama Pantai Pasifik di seberang sana, lumban Manurung yang hanya terbelah dan dipisahkan sungai Asahan. Wao, pasir Putih dan air yang tidak terlalu dalam membuat kamu puas berenang. Jika beruntung, anda akan menikmati Sunset layaknya hamparan danau bermandikan semburat jingga sang Surya. Bisa memancing juga loh disana atau naik sampan bersama nelayan lokal yang ramah..
Mantaaap..


Wah wah, T.B.Silalahi center yg di Balige sudah mnunggu dengan rajutan budaya batak yg megah dan mewah. Disana perpaduan antara Museum modern dan Cafe di pinggir danau Toba, kampung batak dahulu juga ada disana dengan Rumah Batak serta ulos dari jaman ompung yang dulu samapi Ulos modern. Gila, serasa kembali ke masa nenek moyang Batak. Balige juga menawarkan kuliner yang tak kalah menarik dengan Porsea. Disana juga ada Pantai tenda biru yang bagus semakin apik dengan bukit cinta membuat kamu semakin bebas memandang danau toba bag lukisan raksasa yang ajaib..


 Ups, jangan salah. Ga nyampe satu jam dari Balige, wisata rohani cocok buat anda beragama nasrani. Salib Kasih nan megah dan khusyuk tertancap anggun di atas rura si lindung Tarutung. Disitu dahulu Ompung Nomenssen memulai menyebarkan agama Kristen ke Tanah Batak. Like recharge your soul lah.. Berbagai pernak pernik juga bertebaran di sekitar Salib Kasih.Tenang saja bagi yang bukan beragama Kristen, langsung saja ke Pemandian Air Panas Sipoholon, air panas belerang alami yang bagus buat kulit. Tak Jauh dari sana juga anda bisa bermanja ria mandi air soda. Wah wah, fit dan segar rohani dan jasmani dah habis dari tempat ini.

Nah, jangan kecewa, Putar balik ke arah Sidikalang Dairi. Disana ada Taman Iman, apapun agama kamu, bisa berkunjung kesana. Taman indah yang luas diatas bukit, tentu dipadu indahnya Danau Toba di bawah nan jauh sana. Disini kamu akan merasakan enaknya Kopi asli Sidikalang ditambah Durian Medan yang sebenarnya Sidikalang yang punya tuh. Puasss dah..

Now, balik ke Medan boleh langsung atau masih belum Puas. lewat saja Kaban Jahe dan Brastagi, Dijamin niat awal anda hanya sekedar mau lewat tidak akan terlaksana. Disana pemandangan dan tempat wisata indah sangat sayang banget dilewati begitu saja, mubajir rasanya..


Itulah, si cantik yang masih terpasung.. Tapanuli, Tapian Nauli, Pemandian Yang Indah..

Komentar

  1. mantap...mantap...
    nampak jiwa petualangnya...:)
    tp aku bru dengar, ada taman eden dekat2 balige..
    mang ada ea???

    seindah apa seh, sampe namanya sehebat tuh...
    ckckckc.....

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahah. begitulah bro...
      emang banyak tempat wisata yg keren di toba sana..

      lbih dekat Parapat n Porsea lah, diantaranya,..

      Disana juga bisa camping, ya banyak pepohonan di lestarikan..

      Hapus
  2. berati brsyukurlh ea kw dilahirkn di porsea..:)
    skaii2 ajak aq ke hutamu ea:)
    hahhaahaha.....

    BalasHapus
  3. beryukur bngt lah.
    tp sedih jg krn daerah q blum semaju daerah yg lain.
    :(

    BalasHapus
  4. beryukur bngt lah.
    tp sedih jg krn daerah q blum semaju daerah yg lain.
    :(

    BalasHapus
  5. ada saatnya..
    kita bawa dalam doa ea....
    hidup porsea...:)

    BalasHapus
  6. ada saatnya jg qta menjadi jawaban doa. :)

    BalasHapus
  7. yaa...
    itu krn DIA yg berkehendak kan....
    :-D

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya, klo kita gak do something ya gmn mau jadi jawaban doa?? :)

      Hapus
  8. ok..ok...
    Tuhan pasti memakai dirimu untuk jd jawaban doa..
    tkhusus jwban doa utk porsea....
    ttp setia ea...
    :)

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Daftar Nama Bayi dari Bahasa Batak Tapi Tetep Modern dan Unyu. :)

Medan Undercover, Mengungkap Fakta Unik Sang Ibu Kota Sumatera Utara..

Aku Kristen, bukan Non Muslim..